Beasiswa untuk siswa saat ini yang umum diperbincangkan adalah Beasiswa PIP (Program Indonesia Pintar), dimana semua sekolah umumnya ada beberapa siswa yang mendapat beasiswa PIP ini. Nominal yang didapatpun beragam, tergantung tingkatan kelas, misal untuk tingkat SMP kelas 7 mendapatkan 375ribu, untuk tingkat SD kelas 3 mendapat 450ribu. Untuk tingkat SMK nominal sampai 1 juta per siswanya.


Kali ini kami tidak akan membahas secara mendetail nominal yang didapat pertingkatan kelas dari SD, SMP, SMA/SMK, tapi bagaimana agar siswa di sekolah kita bisa juga mendapatkan dana PIP tersebut, dimana siswa ini memang pantas untuk mendapat beasiswa.

Tak jarang banyak sekolah hanya 10-30 % dari jumlah siswa yang ada, dalam hal ini hanya siswa yang dari SD memang sudah mendapatkan dana PIP, lanjut ke SMP akan mendapatkan lagi, bahkan hingga SMA. Kenapa bisa demikian??? Ya Siswa ini memang data usulan beasiswanya di dapodik sudah terisi, no kks dll.

Pada aplikasi dapodik terdapat pengisian pada data dasar peserta didik terkait dengan penerimaan beasiswa dalam hal ini dana PIP, sehingga apabila siswa yang masih tingkatan SD sudah diisi oleh operator sekolah, otomatis jika siswa ini lanjut ke tingkat SMP dana dasar dalam dapodik tidak akan berubah, akan tersalin semua ke apalikasi dapodik di SMP, dimana data dapodik hanya 1 server, 1 data untuk semua.

Sekarang, pada postingan ini sesuai judul, mudahnya mengusul beasiswa kurang mampu (dana PIP) bagi peserta didik yang belum mendapatkan dana PIP. Ini merupakan fungsi operator sekolah untuk mengusul peserta didik yang belum menerima dana PIP dan ini sangat mudah, hanya membutuhkan kesabaran, karena akan dilakukan edit data dasar setiap peserta didik.

Berikut tampilan data dasar dapodik yang terkait usulan beasiswa bagi peserta didik kurang mampu.
1. Siswa yang sudah menerima dana PIP
Mudahnya Mengusul Beasiswa Kurang Mampu Tahun 2017
2. Siswa yang belum menerima dana PIP
Mudahnya Mengusul Beasiswa Kurang Mampu Tahun 2017
Jadi sebagai operator, jika ingin mengusul peserta didiknya, silahkan di edit data dasar, scroll ke bawah, hingga muncul gambar seperti diatas, piliha usulan dari sekolah dan alasan layak PIP, kemudian disimpan. Setelah semua peserta didik di usul, silahkan lakukan sinkronisasi ke server.

Terakhir, kita tinggal menunggu hasil verifikasi server, dan realisasi pencairan dana PIP tersebut. Untuk sekolah kami, sebagai bukti bahwa memang siswa tersebut kurang mampu, para siswa, kami minta untuk membuat surat keterangan tidak mampu dari Desa masing-masing.

first moderation by blogger antispam and then moderation by blog admin. The last, not spam comment will publish.
EmoticonEmoticon