Pada postingan kali ini kembali kami membahas tentang laptop, dimana gejala yang kami temukan pada laptop client adalah sering restart sendiri. Dugaan sementara sebelum proses pembongkaran casing adalah Processor overheat (kepanasan) mungkin karena banyak debu atau mungkin juga kipas yang tidak jalan atau pendingin yang sudah kering (heatsink compounds).

Klien menyebutkan kalau laptop miliknya ini sudah dipakainya selama kurang lebih 9 tahunan, hanya 1 kali rusak yaitu pada bagian processor tapi saat itu masih garansi toko, jadi digantikan secara gratis oleh pihak Axioo. Setelahnya tidak pernah bermasalah lagi.

Saat ini pemakaian mungkin terlalu padat jadwalnya, menyebabkan hal tersebut diatas terjadi, yakni kalau laptop dinyalakan muncul desktop kemudian langsung merestart sendiri, dan biasanya tidak sampai ke desktop sudah restart, begitu seerusnya.

Tiba saat pembongkaran, berikut yang kami temukan :
1. Mainboard (papan induk) dipenuhi dengan debu.
2. Kipas processor juga banyak debunya tapi masih jalan (bagus)
3. Pendingin yan memliki lubang pembuangan tersumbat dengan debu.

Mengatasi Laptop Axioo MNC Restart Sendiri
Langkah yang kami lakukan adalah :
1. Melepas mainboard (MB).
2. Melepas semua yang melengket di MB, misal Processor, wifi, dll.
3. Membersihkan MB dengan sikat pakaian menggunakan air bersih dicampur detergen sedikit.
4. Mengeringkan MB di bawah sinar matahari.
5. Memasang kembali MB serta komponen yang melekat diatasnya.

Alhasil, laptop kembali jalan normal. Jadi kesimpulannya, apapun merek laptop anda, jika kasus diatas terjadi, kemundkinan hanya pengaruh debu. Bisa langsung membongkaarnya sendiri, dan membersihkan debunya. Tapi jika sudah dibersihkan tetapi masih restart sendiri, kemungkin ada masalah pada IC Power, biasanya terletak di dekat tombol power, silahkan blower, kalau kerusakan belum parah, pasti bisa normal kembali.

first moderation by blogger antispam and then moderation by blog admin. The last, not spam comment will publish.
EmoticonEmoticon