News Update :

Cara Mengatasi Printer Yang Troubleshoot

-
Cara Mengatasi Printer Yang Troubleshoot
Selamat berjumpa kembali dengan ical, kali ini ical akan berbagi tips, kali ini menyangkut permasalahan printer yang troubleshoot dimana printer tidak mau mencetak/mem-print , walaupun perintah nge-print dilakukan berkali-kali sekaligus berbagi bagaimana mengatasi cartridge yang mengalami penyumbatan oleh tinta kering.

Oke ical jelasin step by step Cara Mengatasi Printer Yang Troubleshoot/Tidak Mau nge-Print
Dalam kasus ini , ical menggunakan Printer HP Deskjet F380 , menggunakan OS Windows 7 , dimana pada waktu pertama kali printer dihubungkan dengan Laptop, masalah tidak muncul alias , langsung mencetak print-nya, permasalahan baru yang muncul adalah hasil cetakan yang harus hitam, eh kertas malam masih putih terang, alias tinta dalam cartridge print tidak keluar, penyebabnya mungkin karena printer ini lama tidak beroperasi sehingga tinta pada jarum semprot mengering dan akhirnya terjadi penyumbatan.

Nah dari sini ical langsung melalukan proses pemompaan pada cartridge print, supaya penyumbatan bisa dilepaskan, dengan sesekali ical celup cartridge ke air hangat untuk membantu mempercepat proses pencairan tinta yang kering di sekitar jarum semprot cartridge.

Setelah beberapa kemudian dan ical pastikan tinta dalam cartridge , sudah mengalir dengan lancar ke bagian jarum semprot tanpa adanya penyumbatan lagi, ical langsung pasang cartridge kembali ke dalam printer.

Proses uji coba print yang pertama, hasil cetakan cukup bagus, tapi masih adalah tulisan yang terputus-putus, terus yang kedua, printer tidak mau lagi nge-print, berulang-ulang ical melakukan perintah buat nge-print , printer enggan juga melakukannya. Ical cabut USB Print, remove device , pasang USB kembali, masih juga tidak mau nge-Print.

Nah disinilah ical temukan notifikasi bahwa Printer Sedang Troubleshoot, dan langkah yang ical tempuh untuk Mengatasi Troubleshoot ini adalah sebagai berikut:
  1. Remove Device Printer
  2. Cabut Kabel USB
  3. Matikan Laptop/Komputer (Shutdown ya bukan di-Restart)
  4. Langsung Cabut kabel power printer tanpa mematikan tombol on/off pada printer.
  5. Hidupkan kembali laptop dan pasang kembali kabel power printer
  6. Pasang kembali USB, tunggu hingga printer dikenali oleh Windows 7.
  7. Melakukan print, jreeeennnggg berhasil, dengan hasil cetakan yang sempurna
Mungkin itulah  Cara Mengatasi Printer Yang Troubleshoot dan sekaligus Tips Maintence pada Cartridge yang tersumbat karena printer lama tidak digunakan. semoga bermanfaat.

Tidak menemukan artikel pilihan anda, cari melalui melalui kotak pencarian di bawah ini!!!

2 Comment:

Arief Rahman Hakim ElQudsy said...

buat catridge yang kering saya punya cara lain yang lumayan susah-susah gampang..,,
saya memakai sebuah alat penyedot tinta, prinsip kerjanya alat ini langsung menyedot tinta yang kering di daerah keluarnya tinta. Alatnya buat sendiri, mudah kok. Cukup siapkan :
1.Suntikan besar (bekas buat ngisi tinta jga bisa, buang jarumnya)
2.Selang kecil(seukuran ujung suntikan, g' ujung jarum)
3.Nah yang satu ini saya g' bisa ngasih sebutan nama patennya, yang jelas bentuknya kaya' tutup botol sirup. Bisa terbuat dari plastik atow karet(digunakan sebagai kop).
Setelah kekumpul semuanya pasang jadi satu, buat seperti alat penyedot (kop).
Cara gunainnya :
1.Pastikan katrid ada isinya.
2.tempelkan kop kebawah katrid(tempatkeluar tinta), dan rekatkan(bisa dengan isolasi atau double tape).
3.Sedot katrid dengan suntikan tersebut hingga tinta" keluar.
4.Usahakan sedot lebih lama agar bekas tinta yang mengering hilang semua.
nah setelah itu semua, tinggal bersihkan katrid dari tinta" yang belepotan. Jangan sampai pada pin" katrid terdapat tinta agar tidak terjadi konslet yang dapat merusak IC pada katrid.
Dan akhirnya....,, pasang.
n' jangan lupa kunjungin http://efraelqudsy.blogspot.com ea....
Semoga dari saya bermanfaat..,, buat bang Ical, saya masih ada yang agak bingung soal cari ip konek. Ajarin caranya donk.... :)

ICALCELL said...

Informasi yg begitu berguna dan detail mungkin ,, makasih bang arif. Kalo masalah ip konek skrg udah banyak yg bisa ,, yg 39 , .1 ,.5 , tinggal pilih saja. Tidak perlu pake givemyip atau wardialer , paling kalo melakukan dial pasti sdh ketemu ip koneknya. Kalo udah ketemu tinggal pancal proxy sakti dan portnya di browser . . .

Post a Comment

first moderation by blogger antispam and then moderation by blog admin. The last, not spam comment will publish.

 
© Copyright ICALCELL - LEARN AND SHARE 2012 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.