News Update :

Partisi Harddisk Tidak Terbaca Setelah Install Window 7

- Kejadian seperti ini yaitu salah satu Partisi Harddisk Tidak Terbaca yang mulanya 3 partisi lalu menjadi 2 patisi, kejadian ini bisa terjadi ketika kita menginstall windows 7, ya saking bagusnya windows 7 semuanya serba otomatis, termasuk menghilangkan partisi anda dalam sekejap dengan cara otomatis pula. Bagi orang awam yang sampai ke blog ini mungkin bertanya-tanya partisi harddisk itu seperti apa sih???? hehehehe, yang pastinya yang sampai ke postingan ini sudah pasti tahu yang namanya partisi, saking tahunya bahwa partisi harddisknya tidak muncul alias hilang tidak tahu kemana, makanya mereka searh di goole mungkin dengan kata kunci "Partisi Harddiskku Hilang" contohnya. Oke ical jelasin dulu apa partisi itu sebenarnya. Harddisk merupakan tempat penyimpanan permanen entah itu dilaptop ataupun di pc rumah, yang memiliki ukuran macam-macam, diantaranya 64GB, 128GB, 160GB, 250GB, nah melihat ukurannya yang begitu besar jadi nantinya akan dipecah menjadi beberapa bagian atau beberapa part, contoh Local Disk (C:) , Local Disk D, Local Disk E, dan lain-lain, itulah yang disebut partisi harddisk.
Partisi Harddisk Tidak Terbaca Setalah Install Window 7
Partisi Harddisk Tidak Terbaca Setelah Install Window 7
Oke lanjut ke permasalah inti yaitu salah satu Partisi Harddisk Hilang entah kemana. Sebenarnya partisi ini tidak hilang hanya saja sistem tidak membaca keberadaan partisi ini. Oya ical pertegas kasus seperti ini hanya terjadi apabila bila anda menggunakan windows 7, kejadian sama pernah ical rasakan juga. makanya lewat postingan ini ical mau berbagi kepada teman-teman semua.

Jawabannya coba telaah sendiri dibawah ini.

Kenapa salah satu partisi bisa tidak terbaca oleh komputer?
karena ketika menginstal windows 7, harusnya anda menggunakan partisi ini untuk instalasi Windows 7.

Terus yang menyebabkan partisi ini tidak terdeteksi saat komputer running apa??
Karena partisi ini merupakan partisi yang bersifat partisi system, itu sebabnya tidak memunculkan dirinya, karena seolah-seolah dia ngikut di partisi tempat file windows 7 terinstall.

Apa itu partisi system?
Dalam partisi ada yang namanya status yaitu statusnya sebagai sistem, sebagai primary, dan sebagai logically. nah partisi system ini dikhususkan untuk install operation system seperti windows 7.

Jadi apa yang bisa dilakukan untuk memunculkan kembali partisi itu?
File windows 7 sementara kan di local disk C, usahakan tidak ada data-data anda yang penting disana, Beri nama setiap partisi untuk memudahkan pembacaan ketika proses instalasi berjalan agar tidak terjadi kesalahn fatal salah satunya memformat partisi yang isinya adalah data-data penting anda. setelah itu lakukan proses instalasi ulang memakai DVD booting windows 7 anda, tepat saat pemilihan di partisi mana anda hendak menginstall, format dulu partisi yang sebelumnya sudah dipakai untuk install windows 7, setelah itu perhatikan partisi mana yang statusnya sebagai sistem, jika sudah ketemu, arahkan kesitu langsung tekan ENTER, ingat jangan format partisi, karena kemungkinan besar ada data-data anda di partisi itu. Tunggu hingga proses instalasi selesai.

Nah, buka My Computer sekarang, partisi anda sudah menampakkan diri semua. hehehe.
Sebagai tambahan, partisi tempat menginstall windows 7, entah di tampilan di proses instalasi adalah local disk D, maka secara default akan berubah menjadi local disk C pada saat anda melihatnya di My Computer, disini yang perlu anda lakukan adalah buka local disk C, periksa mungkin ada data anda disana, segera pindahkan (CUT) ke partisi yang sudah di format tadi.

Tidak menemukan artikel pilihan anda, cari melalui melalui kotak pencarian di bawah ini!!!

4 Comment:

dedi said...

mas tanya nih kalau semua partisinya tak terbaca saat install windows 7 itu apanya ya mas???????

ICALCELL said...

mungkin cd windows yang bermasalah gan,,, atau spek kompi yg gak mendukung win 7,,,,

Askarinote.tk said...

nice info gan...
sebenere ane punya cara yang laen gan...
kalau partisinya gak ketemu habis install win7, masuk aja di control pannel, trus cari administrative tools >> computer management >> disk management >> lha liat disitu ada gak partisinya, biasanya tinggal klik kanan adja trus pilih "change drive letter and paths", pilih aja drive letter yang kosong. trus cek di explorer. biasane dah muncul..

Dimas Reza Handika Prabowo said...

Tq @Askarinote atas infonya :)

Post a Comment

first moderation by blogger antispam and then moderation by blog admin. The last, not spam comment will publish.

 
© Copyright ICALCELL - LEARN AND SHARE 2012 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.